Video Detik-detik Rudal Iran Ledakkan Pesawat Ukraina, 176 Tewas, PM Kanada Angkat Bicara

Video Detik-detik Rudal Iran Ledakkan Pesawat Ukraina, 176 Tewas, PM Kanada Buktikan Keterlibatan
POSBELITUNG.CO - Berita viral hari ini - Video detik-detik rudalIran ledakkan pesawat ukraina, 176 tewas. PM Kanada buktikan keterlibatan Iran.
Pesawat maskapai Ukraine International Airlines yang jatuh di Iranb anyak membawa warga asing.
Diduga, pesawat Ukraina ini terjun bebas karena Iran melepas rudal yang mengahantam ketika pesawat tersebut lepas landas.
Dilansir dari Tribunnews pada (11/1/2020), pesawat Ukraine International Airlines dengan nomor penerbangan PS752 itu lepas landas secara wajar, dari Bandara Internasional Imam Khomeini Teheran pada Rabu (8/1) pagi.
Baru dua menit terbang, pesawat jenis Boeing 737-800 itu berada di ketinggian 8 ribu kaki (2.400 meter) dan berhenti mengirimkan data.
Kejadian yang terjadi beberapa jam setelah Iran menembakkan rudal-rudal ke markas-markas AS, di Irak sebagai pembalasan atas tewasnya jenderal senior Iran Qassem Soleimani.
Para pemimpin negara-negara Barat telah menyatakan, pesawat itu tampaknya secara tidak sengaja ditembak jatuh oleh rudal darat-ke-udara di dekat Teheran.
Video-video yang diverifikasi kantor berita Associated Press menunjukkan detik-detik terakhir jet itu dan apa yang kemungkinan menjatuhkannya, sehingga menewaskan seluruh 176 orang di dalamnya.
Salah satu video tampaknya memperlihatkan dampaknya.
Bangunan-bangunan dapat terlihat dari permukaan tanah di tengah langit gelap sewaktu cahaya kecil melengkung di angkasa, disusul kilatan cahaya.
Video kedua tampak memperlihatkan pesawat itu terbakar dan jatuh.
Kobaran api putih meluncur turun di tengah langit gelap, sesekali melepaskan percikan api, kemudian hilang di balik pohon.
Kobaran api besar menjulang ke angkasa sewaktu pesawat itu jatuh ke bumi.
Seseorang tampak berseru dalam bahasa Farsi, “Pesawat terbakar. Shahriar. Ferdosieh.
Dengan nama Tuhan yang Pengasih, yang Penyayang. Tuhan tolong kami. Telepon pemadam kebakaran!”
Kedua nama yang disebut di atas adalah nama dua daerah pinggiran kota Teheran di dekat bandara.
Rekaman lainnya, yang difilmkan dari sebuah mobil yang sedang berjalan di kejauhan, memperlihatkan cahaya sangat terang bergerak sangat cepat.
Rekaman ini kemudian memperlihatkan pesawat meledak di cakrawala, menerangi langit gelap. 
Video Detik-detik Rudal Iran Ledakkan Pesawat Ukraina, 176 Tewas, PM Kanada Angkat Bicara
Sebagai bagian dari proses verifikasi, AP membandingkan bangunan-bangunan yang tampak dalam video itu dengan lokasi di peta dan dalam konteks yang tepat di mana jet itu keluar dari radar.
PM Kanada sebut keterlibatan Iran
PM Kanada Justin Trudeau berujar, terdapat bukti pesawat Boeing 737 Ukraina yang jatuh di Teheran ditembak rudal Iran.
Pesawat dari maskapai Ukraine International Airlines jatuh tak lama setelah lepas landas dari Bandara Imam Khomeini, Rabu (8/1/2020).
Kecelakaan itu terjadi beberapa jam setelah Iran menyerang dua pangkalan pasukan AS di Irak, sebagai balasan atas kematian jenderal top mereka.
Dalam konferensi pers, PM Kanada Trudeau menuturkan bahwa jatuhnya pesawat Boeing di Teheran tak hanya mengejutkan negaranya, tapi juga Dunia.
Sebabnya dari 176 yang tewas, 63 warga negara Kanada. Kemudian 82 berasal dari Iran.
Sedangkan sisanya Ukraina hingga Afghanistan. Dilansir Sky News Kamis (9/1/2020), dia mengaku mendapatkan bukti berupa data intelijen baik dari pihaknya maupun sekutu.
"Bukti itu mengindikasikan bahwa pesawat tersebut jatuh setelah ditembak rudal Iran.
Mungkin saja tidak disengaja," katanya.