Ribuan Wanita di Blora Pilih Bercerai dan Jadi Janda, Tak Kuat Ditinggal Lama Suami Merantau

ditinggal suami merantau, mayoritas istri terasa merana.
terlebih lagi dia bertekat mengajukan permohonan perceraian.
belum genap setahun, jumlah perceraian di daerah kabupaten blora, jawa tengah ialah sampai oktober 2019 sudah menggapai 1. 795 permasalahan.
bersumber pada informasi dari majelis hukum agama blora, angka tersebut nyaris mendekati jumlah permasalahan perceraian pada 2018 yang menggapai 2980 permohonan.
“hingga oktober 2019 tercatat terdapat 1795 permasalahan perceraian, ” kata bidang data dan juga pengaduan majelis hukum agama blora, siti muzazanah dikala dihubungi kompas. com lewat ponsel, rabu (30/10/2019).
“bisa dibilang akhir – akhir ini banyak perceraian gaib. jadi perceraian gaib itu suami berangkat merantau amat lama, meninggalkan istri tanpa laporan.
alias suaminya tidak kunjung kembali. istri lalu mengajukan gugat cerai, ” kata siti.
sementera itu panitera majelis hukum agama blora, meter salafudin, meningkatkan, walaupun permasalahan perceraian gaib cukup jadi tren baru – baru ini.
tetapi aspek utama yang melatarbelakangi tingginya permasalahan perceraian di kabupaten blora merupakan karna aspek ekonomi.
lazimnya didominasi permasalahan gugat cerai yang menggambarkan permohonan perceraian yang diinisiasi pihak istri.
“ada pula aspek perselingkuhan, tetapi kebanyakan aspek ekonomi, ” katanya.
karna banyaknya permohonan perceraian, pa blora terus melaksanakan inovasi pelayanan publik.
di antara lain, dengan mengaktifkan aplikasi sistem data masalah dan juga antrian persidangan (sianida) online, yang membolehkan bermacam pihak mengenali masalah, dan juga agenda antrian persidangan tanpa wajib berkunjung ke kantor pa blora.
“jadi, dapat pantau agenda persidangan dari rumah lewat hp lewat aplikasi sianida online, kendalanya jaringan internet, ini masih terus dibesarkan, ” katanya.
( sumber: https: //cirebon. tribunnews. com/2019/10/31/ribuan – wanita – di – blora – pilih – bercerai – dan – jadi – janda – tak – kuat – ditinggal – lama – suami – merantau? page=3 )